4 Trik Jitu Menjaga Keseimbangan PH Kulit Agar Tetap Cerah dan Bersinar

4 Trik Jitu Menjaga Keseimbangan PH Kulit Agar Tetap Cerah dan Bersinar – Kita sering disarankan untuk “memilih produk dengan pH normal” atau “keseimbangan pH untuk kulit sangat diperlukan”. Jadi apa yang dimaksud pH kulit? Dan bagaimana kita bisa menyeimbangkan pH kulit kita secara efektif? Pelajari lebih lanjut tentang pH kulit di artikel berikut ini!

Berapa pH kulit normal?

PH (nama lengkap adalah Potensi Hidrogen) adalah indikator alkalinitas, asam atau netral dari suatu senyawa. Kisaran pH dari 0 hingga 14, dengan pH 0 menunjukkan keasaman terkuat dan pH 14 menunjukkan alkalinitas terkuat dan pH 7 netral.

Lapisan terluar kulit terdiri dari beberapa lapisan, termasuk lapisan kelembaban yang secara alami melindungi kulit dan mencegah lingkungan eksternal. Lapisan ini sedikit asam, sehingga juga dikenal sebagai Mantle Asam dan menurut penelitian, pH alami kulit akan bervariasi dari 4,5 hingga 6,2.

pH alami kulit akan bervariasi

Jika kulit dipertahankan pada pH ideal, kelembaban membran akan bekerja dengan baik, memberikan kontribusi signifikan untuk melindungi kulit dari invasi bakteri dan dampak lingkungan. Selain itu, kulit pada pH standar juga akan membantu menyeimbangkan kelembapan kulit, sekaligus menyediakan lingkungan yang menguntungkan bagi bakteri menguntungkan untuk berfungsi pada kulit. Sebaliknya, jika pH terlalu tinggi atau terlalu rendah maka akan memecah membran, menyebabkan masalah kulit.

Pemilik kulit berminyak akan memiliki pH rendah dan, sebaliknya, mereka yang memiliki kulit kering akan memiliki pH yang lebih tinggi.

Apa efek dari pH pada kulit tidak normal?

Ketika kulit gagal menjaga tingkat pH, penghalang kelembaban kulit rusak menyebabkan masalah seperti:

· Jerawat, peradangan kulit, kemerahan dan iritasi yang disebabkan oleh film kelembaban untuk melindungi kulit hancur dan bakteri mudah ditembus.

· Jika pH kulit terlalu tinggi akan menyebabkan penuaan dini. Beberapa manifestasi seperti: kulit kering, kerutan muncul …

· Jika kulit pH terlalu rendah akan menyebabkan lebih banyak minyak, pori-pori besar, jerawat mudah.

· Produk perawatan kulit yang Anda gunakan tidak akan berfungsi.

Penyebab pH kulit tidak seimbang

Ada tiga penyebab utama kondisi kulit yang tidak seimbang:

· Penggunaan kosmetik yang tidak sesuai. Produk perawatan kulit yang terlalu tinggi dan terlalu rendah adalah penyebab utama kondisi kulit yang tidak seimbang.

· Perawatan kulit yang tidak benar, misalnya: kekuatan berlebihan pada kulit, pembersihan berlebihan, cuci muka dengan air panas.

· Diet tidak cocok. Ketika Anda makan makanan asam tinggi, alkalinitas di kulit akan meningkat dan sebaliknya, makan lebih banyak makanan alkalin, keasaman pada kulit akan meningkat.

Cara agar pH kulit menjadi normal dengan efektif

Untuk menjaga kulit tetap seimbang dan menjaga pH ideal, Anda harus mengambil langkah-langkah berikut:

1. Pilih produk kosmetik dengan pH normal

Produk perawatan kulit yang kita gunakan sehari-hari akan langsung mempengaruhi kulit. Ketika memilih kosmetik seperti pembersih, make-up, Anda harus memilih produk dengan pH standar, mulai dari 4 hingga 6.

Anda harus menjauhi produk yang memiliki pH lebih dari 7, produk ini bersifat basa, sabun akan merusak keseimbangan kulit. Produk-produk ini sering membuat kulit Anda terasa bersih, dalam, kering, tetapi setelah waktu singkat kulit akan mengering karena secara tidak sengaja mengambil kelembaban alami kulit dan akan menghancurkan selaput secara permanen melembabkan kulit.

Untuk menentukan pH produk Anda bisa menggunakan kertas lakmus untuk mengukur. Lakukan hal berikut:

· Langkah 1: Larutkan produk untuk diukur pH (misalnya pembersih) dengan air.

· Langkah 2: Masukkan kertas lakmus ke dalam larutan.

· Langkah 3: Setelah sekitar 1-2 menit, bandingkan warna pada kertas lakmus ungu dengan rentang ph untuk menentukan pH pembersih.

Namun, metode ini hanya menghasilkan hasil yang relatif, karena kertas lakmus berubah warna tergantung pada berbagai faktor lingkungan sekitarnya dan ketika dicampur dengan air, asam atau alkalinitas dalam produk telah berubah.

2. Gunakan produk penyeimbang kulit

Setelah membersihkan dengan pembersih dan pembersih, Anda harus menggunakan produk penyeimbang kulit, karena terlepas dari pH pembersih, pH kulit akan banyak berubah. Penggunaan produk penyeimbang kulit tidak hanya menyeimbangkan pH kulit tetapi juga membantu melembutkan kulit dan memfasilitasi penyerapan nutrisi kulit lebih baik.

Di pasaran saat ini, ada banyak produk balancing kulit dengan nama yang berbeda seperti: toner, lotion, air kecantikan, balancer. Tapi di Indonesia, kita sering menyebutnya dengan nama yang akrab adalah air mawar .

Saat menggunakan kulit yang seimbang dengan air, Anda sebaiknya tidak menggunakan produk mengandung alkohol. Anda dapat memilih produk yang non-alkohol dan hindari menggunakan toner berbasis alkohol kering seperti alkohol, benzil alkohol, isopropil alkohol …

Alkohol dalam kosmetik tidak buruk jika digunakan dalam jumlah yang tepat. Namun, untuk perawatan kulit yang aman dan jangka panjang, Anda harus membatasi kulit Anda untuk produk-produk berbasis alkohol.

3. Perawatan kulit yang tepat

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa Anda menggunakan berbagai macam produk perawatan kulit yang kondisi kulit Anda belum membaik? Sebagian dari alasan untuk kondisi ini adalah bahwa Anda memiliki perawatan kulit yang tidak tepat. Memusnahkan lapisan kelembaban melindungi kulit, sehingga kulit menjadi semakin buruk.

Untuk perawatan kulit yang tepat, Anda harus melakukan hal berikut:

· Jangan mencuci muka dengan pembersih dua kali sehari.

· Jangan terlalu memaksakan kekuatan pada kulit.

· Batasi penggunaan handuk untuk membersihkan wajah Anda. Jika menggunakan handuk, Anda harus menggunakan handuk katun lembut dan kebersihan yang sering.

· Exfoliating dilakukan hingga 2 kali seminggu.

· Hindari menggunakan terlalu banyak produk kimia di wajah. Anda harus secara bertahap mengganti kosmetik kimia dengan produk yang kaya ekstrak alami.

· Produk kosmetik akan efektif pada kulit selama rata-rata 3-4 minggu sehingga Anda tidak perlu mengubah kosmetik secara terus menerus dalam waktu singkat akan menyebabkan kulit tidak tepat waktu beradaptasi dan menimbulkan reaksi. mundur.

· Oleskan tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari efek sinar matahari.

ini adalah tutorial dalam perawatan kulit dari youtube yang mementingkan kenetralan ph, silakan ditonton

4. Bangun pola makan yang sehat

Anda harus membangun untuk diri Anda sendiri diet sehat, serat tinggi, sayuran seperti tomat, apel, alpukat. Selain itu, Anda juga harus menghindari minuman beralkohol dan diet yang sehat, langkah ini tidak hanya untuk memastikan kesehatan yang baik tapi juga untuk memiliki kulit yang sehat dan segar.

Pengetahuan dasar tentang perawatan kulit dari keseimbangan pH kulit sangat penting bagi Anda untuk memiliki kulit yang sehat.